Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Dan Bukti Medis

Posted by Dwi Santoso Monday, January 28, 2013 5 comments
Pengobatan dengan sistim bekam merupakan sunnah Rasulullah Muhammad SAW ,sejak beliau masih hidup.Sampai sekarang bekam masih tetap dipakai sebagai salah satu alternative pengobatan tubuh kita.
Dengan rutin secara berkala kita melakukan bekam maka kotoran maupun racun yang ada dalam darah  tubuh kita akan dikeluarkan lewat sistim bekam tersebut.Manfaat bekam untuk kesehatan

Beberapa manfaat bekam untuk kesehatan kita diantaranya yaitu :

Pertama, mengeluarkan darah kotor. Yaitu darah yang terkontaminasi racun dan darah yang statis. Dengan berbekam peredaran darah menjadi lancar kembali.

Kedua, memperbaiki fungsi organ tubuh. Bekam dapat memperbaiki fungsi organ tubuh yang terganggu. Yaitu dengan cara memperbaiki jaringan dan sel tubuh sehingga dapat kembali berfungsi dan sehat.

Ketiga, menambah antibodi tubuh. Bekam membantu tubuh memproduksi zat antibodi yang mampu membunuh kuman penyakit yang merugikan.

Ketiga manfaat bekam tersebut : mengeluarkan darah kotor, memperbaiki fungsi organ tubuh, dan menambah antibody membuat bekam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti : asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran dan lain lain.

Tanda dan gejala organ dalam mengalami kelemahan

  • Mendadak koma atau pinsan dan hilangnya kesadaran.
  • Adanya tanda-tanda flasid atau lemas, seperti mata tertutup, mulut terbuka, tidak berkeringat atau sedikit berkeringat di kening dan wajah, buang air kecil tak terasa (ngompol), dan anggota tubuh dingin.

Orang yang tidak boleh dibekam

Karena kondisi dan alasan tertentu pengobatan bekam tidak boleh dilakukan pada orang-orang seperti berikut ini :
  1. Anak –anak kurang dari 3 tahun dan orang yang sudah lanjut usia.
  2. penderita kelainan darah (hemofilia, kanker darah).
  3. kelainan pembuluh darah..
  4. anemia.
  5. penderita yang baru menjalani cuci darah karena gagal ginjal.
  6. penderita diabetes melitus dengan kadar gula > 200 mg / dl.
  7. penderita hipertensi dengan tensi > 180 / 110 mmHg.
  8. pasien yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah.
  9. wanita hamil pada tiga bulan pertama.
  10. wanita yang sedang menstruasi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbekam

Pengobatan apapun tidak boleh dilakukan secara sembarangan, termasuk bekam. Bekam harus dilakukan oleh orang yang ahli. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bekam :
  1. Hati – hatilah membekam penderita HIV dan hepatitis B. sebaiknya penderita ini memiliki alat sendiri
  2. Sebaiknya jangan berbekam setelah beraktifitas berat.
  3. Penggunaan jarum harus sekali pakai (untuk satu pasien saja).Ini untuk menghindari tertularnya penyakit dari pasien lain.
  4. Berbekam sebaiknya tidak boleh lebih dari 7 titik bekam.
  5. Usahakan hindari terkena air pada daerah yang telah di bekam selama 3 jam setelah berbekam, kalau bisa sampai 6 jam, karena jika yang luka terus terkena air terasa perih dan dibadan jadi kurang enak rasanya.
  6. Disarankan mandi air hangat setelah berbekam.
  7. Berbekam hendaknya dilakukan sesama jenis kelamin.
  8. Pengulangan bekam paling cepat 2 minggu, tapi sebaiknya 1 bulan sekali, untuk maintenance
  9. Cukupkan istirahat sebelum dan sesudah berbekam (± 30 menit).

Di Indonesia terapi bekam tergolong jarang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Orang lebih suka pergi ke dokter untuk kesembuhannya. Bekam sering dipandang sebelah mata. Bekam dianggap sudah kuno atau hanya sekedar pengobatan alternatif. Padahal dunia kedokteran saat ini mulai membuktikan manfaat bekam.

Berikut pernyataaan beberapa ahli tentang manfaat bekam, diantanaranya :

  • Clark et al, 2000, menyatakan bahwa :terdapat perbedaan statistic secara signifikan antara tingkat nyeri, perasaan sehat dan Range of Motions (ROM) Pasien yang mengalami nyeri lutut depan pada arthritis sebelum dan setelah dilakukan bekam.”
  • Jiu, 2007, menyatakan bahwa :”bekam dapat membantu memulihkan peningkatan kadar keratin kinase serum pada atlit senam yang melakukan latihan berat sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada pencegahan fatique pada atlet senam, pengaruh pada asma bronchitis kronis.”
  • Zhang et al, 2006 menyatakan dalam hasil penelitiannya bahwa:” pelaksanaan bekam yang digabungkan dengan salep khusus dibuat oleh peneliti, pada pasien asma bronchitis kronis pase tidak kambuh akan meningkatkan respon imun seluler dan humoral pasien.”
  • Widada, 2010: ”bekam merangsang regerasi sel darah merah sehingga memperbaiki oksigenasi jaringan dan meningkatkan jumlah antioksidan alami.”
  • Widada, 2010 :”bekam meningkatkan imunitas sel makrofag dan sel T CD8+”
  • Widada, 2010 ”pengaruh bekam terhadap peningkatan jumlah sel pembunuh alami (Natural Killer Cell) “

Hasil pemeriksaan medis dan laboratorium pasca pasien terhadap 300 pasien yang diobati dengan bekam, menunjukkan hasil – hasil sebagai berikut :

  1. Dalam kasus tekanan darah tinggi, tekanan darah turun hingga mencapai batas – batas normal
  2. Dalam kasus tekanan darah rendah, tekanan darah naik hingga mencapai batas – basta normal
  3. Kadar Hemoglobin turun sampai pada batas – batas normal dalam kasus polycythemia (Kadar Hb darah diatas normal, missal 17,5 g/100 mldarah (normal 12-14 g/10ml)
  4. Kadar Hemoglobin naik sampai batas – batas normal dalam kasus penurunan kadar hemoglobin yang ditandai dengan aktivitas tubuh dan perkembangan kemampuannya dalam memproduksi sel darah merah secara normal, selanjutnya meningkatkan aktivitas dan efektivitas transfer oksigen melaluinya
  5. Jumlah sel darah putih meningkat dalam 60% kasus dan masih dalam batas normal
  6. Jumlah enzim liver turun pada gangguan – gangguan liver dalam 76,9% kasus dan hal itu masih dalam batas – batas wajar
  7. Kadar gula darah turun pada para pengidap kencing manis dalam 92,5 %
  8. Jumlah asam urat di darah turun pada 83, 68 % kasus
  9. Kadar kolestrol dalam darah turun dalam 81,9 %
  10. Kadar lemak trigliserida turun dalam 81,9 % kasus
  11. Dan lain – lain yang menunjukan sebuah hasil yang luar biasa dalam hal penyembuhan pasien.
Kesemua itu merupakan bukti mukjizat besar nabi Muhammad SAW dalam bidang pengobatan, dimana Rasullulah SAW sendiri mengisyaratkan bahwa manfaat bekam yaitu dapat menyembuhkan 72 macam penyakit , seperti:< i>Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit mata, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran, kanker, tumor dan lain lain

Demikian sedikit informasi mengenai manfaat bekam dilihat dari sisi medis dan sunah, semoga bermanfaat.
Pengobatan untuk menguatkan tubuh yang mengalami kelemahan
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Dan Bukti Medis
Ditulis oleh Dwi Santoso
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://informasikesehatanplus.blogspot.co.id/2013/01/manfaat-bekam-untuk-kesehatan-dan-bukti.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 comments:

hai.khoirul anam said...

its ok.

sukaryono oke said...

Perlu memcoba,tp dimana?Tuban jauh

rudy permana said...

saya ini juga udah merasakanya..

eriska yunita said...

bisa gak sih bekam untuk meningkatkan kadar hemoglobin,?

Herbal Anugrah said...

Pengobatan Bekam berfungsi untuk merangsang tubuh kita agar mampu menyembuhkan dirinya sendiri. Pengobatan bekam ini bekerja dengan prinsip bahwa tubuh manusia sudah memiliki mekanisme penyembuhan diri yang alami tanpa harus diberikan zat kimia buatan apapun selain yang alami. Karena pada dasarnya tubuh kita hanya bisa merespon dengan baik dan aman dengan bahan-bahan yang alami.

Post a Comment